Jumat, 19 Juni 2015

Hidup Sehat Selama Puasa


Bagi Umat Muslim, Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, dimana dibulan ini semua umat Muslim di dunia diwajibkan menjalankan ibadah puasa.

Banyak penelitian yang membuktikan, kalau berpuasa memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Salah satu manfaat yang didapatkan adalah, seseorang menjadi lebih memperhatikan jenis dan kualitas makanan yang dikonsumsi. Bulan Ramadhan adalah merupakan saat yang tepat, untuk memulai cara sehat dalam hidup.

Hindarilah makan besar setelah berbuka, karena selama berpuasa rata-rata metabolisme tubuh menurun karena energi yang terbatas. Jadi, hindarilah makan-makanan dengan kalori berlebih saat berbuka agar berat badan Anda tidak meningkat.

Pada saat sahur konsumsilah makanan yang banyak mengandung protein, sehingga menghasilkan banyak energi untuk digunakan selama puasa berlangsung. Untuk makanan berbuka, kurma merupakan jenis makanan pembuka pertama yang tepat untuk mengembalikan energi Anda, dan minum air putih jauh lebih baik daripada minum-minuman manis.

Atur makanan yang akan dikonsumsi agar mengandung zat-zat yang dibutuhkan tubuh tanpa berlebihan. Makanan yang dikonsumsi harus mengandung karbohidrat dan protein yang seimbang, konsumsilah sayur dan buah dalam jumlah banyak. 

Air merupakan bagian penting dalam tubuh, sebagai pengatur suhu tubuh dan mengatur aliran nutrisi dalam proses produksi energi. Untuk menghindari dehidrasi, selama sahur dan berbuka sebaiknya lakukanlah hal berikut ini; Minum air putih yang cukup, hindari makanan pedas dan asin yang dapat memicu rasa haus, kurangi konsumsi kafein, dan perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung air dan serat.

Jadikanlah momen berpuasa ini sebagai sarana untuk memulai menjalani hidup, dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat bagi tubuh Anda. Selamat Berpuasa.
  


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar